Pengenalan Dasar CL Programming

CL Program atau CL Procedures merupakan sebuah kumpulan CL Commands yang digunakan pada sistem AS400 untuk mendapatkan masukan, melakukan proses tersebut dan hasil akhir yang akan didapatkan. Program atau prosedur tersebut diberikan sebuah nama (object CL Program dengan type *PGM dan attribute CLP) dan dapat dipanggil di dalam comman line AS400  atau dapat digunakan dalam program atau prosedur lainnya. Hal yang harus diperhatikan dalam membuat CL Program adalah Source Program tersebut (Source Physical File), compile dan mengikat sumber tersebut sesuai prosedur.

Bila anda memasukkan CL Command secara terpisah dari layar Command Entry, setiap perintah secara terpisah diproses. Dengan adanya CL Program, tidak perlu melakukan input entry secara satu-persatu sehingga waktu yang dibutuhkan menjadi dapat lebih cepat. Ditambah lagi, CL procedure dapat digunakan dalam proses batch atau interactive. Continue reading

Hidup Efektif

Kondisi yang paling baik di dalam hidup ini adalah berkonsentrasi pada apa yang terbaik bisa anda kerjakan dan biarkan orang lain yang mengerjakan pekerjaan yang tidak bisa anda lakukan. Hal ini bukan berarti kita merasa malas dalam mengerjakan sesuatu tetapi kita dihadapkan pada kondisi pemanfaatan waktu. Tujuan dari statement ini adalah kita mencapai sasaran bukanlah berlagak sok pamer.

Kita hidup dalam masyarakat yang penuh dengan keterampilan, dimana mengerjakan sendiri segala sesuatu bukan saja tidak perlu, bahkan kita tidak perlu susah payah memahami kinerja suatu alat atau sistem yang kita pakai. Kita tidak perlu menjadi sarjana otomotif dulu untuk mengendarai sebuah mobil. Anda tidak perlu memahami bagaimana sinyal televisi bisa dipancarkan ketika ketika menghidupkan televisi. Sekali lagi, kita hidup di dunia yang memiliki banyak keterampilan. Mempelajari atau bahkan memperbaiki sesuatu secara dalam apa yang bukan menjadi bagian anda hanya akan meremehkan dan mempersulit waktu anda.

Selamat mencoba menjadikan hidup anda lebih efektif.😀

(lyrics) ADA RINDU UNTUKMU – dipopulerkan oleh Pance F Pondaag

Kapan lagi kita berbincang
Dan berterus terang
Kapan
Kapankah lagi

Kurasakan sunyi mencekam
Hatipun tersiksa
Ada rindu untukmu

Seputih gaunmu kekasih
Begitu hatiku
Tak ingin kau jauh dariku
Lembutnya sinar di matamu
sayang (sayang)
Kau begitu seadanya
Namun bergetar sendu
Hati ini

Menjadi dewasa bukanlah berkaitan dengan usia, seringkali justru kita merasa semakin kekanak-kanakan dikala usia kita bertambah tua..

kedewasaan..bukan semata hanya dipandang dalam kemapanan hidup saja…
kedewasaan..bukan semata hanya dipandang dalam bertambahnya pengalaman yang kita miliki…
kedewasaan..jauh lebih bermakna dibandingkan hanya sekedar materi dan kuantitas…
kedewasaan..adalah masalah kualitas dalam kita berpikir, berkata dan berperilaku….

 

Drain People

Kata Drain People merupakan istilah yang cocok untuk orang-orang yang telah menguras waktu, pikiran dan tenaga kita di dalam kehidupan kita dan sudah dipastikan bahwa orang-orang ini berada di sekitar kita. Si Sombong, si malas, si tukang contek, si bossy, dan lainnya. Orang inilah yang akan menghambat karir atau bahkan bisnis anda.

Diceritakan ada seekor katak yang sedang berada di tepi sebuah danau kecil, tiba-tiba datang seekor kalajengking, “Katak, apakah kau ingin menyebrangi danau ini? Bolehkah aku digendong olehmu agar aku juga bisa sampai di sebrang danau sana?”. Lalu katak berkata, “Ah, tidak mau, nanti kau akan menyengatku dengan racunmu!”. “Bodoh! Bagaimana mungkin aku menyengatmu, aku pasti akan mati tenggelam bersamamu juga,” ujarnya berusaha meyakinkan si Katak. “Baiklah!,” si Katak mengijinkan si Kalajengking digendong untuk sama-sama ke seberang danau. Tapi, ketika berada di tengah danau, si Kalajengking ternyata menyengat si Katak dengan racunnya. “BODOH! Kenapa kau menyengatku? Kita akan mati sama-sama bodoh!,” kata si katak. Lalu si Kalajengking menjawab,”maaf, ini sudah menjadi kebiasaanku.”

Kalajengking diatas sama hal-nya dengan para drain people yang ada di sekitar kita. Beberapa dari mereka ada yang bisa kita ubah, tetapi ada juga yang tidak bisa kita ubah atau bahkan dia berusaha untuk mengubah anda menjadi lebih terpuruk. Salah satu cara untuk menghadapi para drain people yakni berusahalah untuk menghindar dari setiap pertemuan dengan mereka.

People inspire you or they drain you – think wisely

 

 

 

Traffic Light

Kisah ini diambil dari kisah nyata dan tidak mengada-ada, jika ada kesamaan nama tokoh dan tempat kejadian itu memang benar adanya.

“Traffic Light”, bukan berlagak sok bebahasa asing, tapi kurang tepat saja jika saya memasang judul “Lampu Merah”. WHAT!!!  Ini bukan sebuah media tertulis yang isinya tentang kasus-kasus pelecehan seksual atau iklan-iklan gatal. LANJUT!!!

Kisah ini berawal ketika saya harus memenuhi Customer Support di Bank Danamon Kebon Sirih. Tepat pukul 5 pagi saya memanaskan mesin motor saya untuk meluncur pulang menuju rumah. Setelah itu, dengan kondisi agak mengantuk, saya meluncur dari Kebon Sirih menuju Sarinah melalui arah jalan Jaksa. Puncak permasalahannya ada di lampu merah dekat jalan Jaksa. Ketika itu kondisi lampu yang ada pada jalur saya MERAH. Pengalaman saya sebelumnya, melanggar lampu merah di persimpangan ini tidak beresiko tertilang oleh polisi (jangan ditiru). Tetapi, angin keberuntungan tidak memihak pada saya saat itu. Dengan santainya saya menerobos lampu merah, karena kondisi saat itu sepi sekali. Tiba-tiba sebuah pentungan menyala yang biasa dipakai polisi untuk mengatur lalu lintas dinyalakan dan saya diinstruksikan untuk merapat ke tepi jalan. DAMN!! Licik juga nih polisi, pentungan dimatikan dan dinyalakan ketika ada pengendara nakal. -_-! Curang!!

Alhasil, terjadilah perbincangan antara saya dengan pak Polisi.

Polisi : Selamat pagi Pak! Hadeuh, gimana ini pak pagi-pagi sudah melanggar. (Sambil menampakkan tampang mengantuknya)

Saya : Aduh, iya nih Pak. Maaf pak, pengen cepet-cepet pulang, udah capek. (Ikut-ikutan menampakkan tampang bego karena ngantuk, sambil mengeluarkan SIM dan STNK)

Polisi : Soul Olimpiyanto… Olimpiade ya mas? (ini yang gw heran, setiap orang baca nama gw, langsung nyambung kesana… lol) Saya tilang ya mas.

Saya : Hadeuh Pak, ada-ada aja. Jangan deh Pak,  jalur damai aja kita yah. Udah capek nih saya. Nih pak, duit saya tinggal segini…. (gw pun ngeluarin duit 10000+10000+5000+2000  =  27000)

Polisi : Hmmmmm… Bensin kamu ada gak? (polisi pun melongo dashboard motor saya)

Saya : Ada kok Pak.. (Hadeuh,, ada-ada aja nih polisi)

Kemudian Polisi menyisihkan7000 yang ada di tangan dia, dan dia memasukkan uang tersebut ke kantong jaket saya. DAFUQQQ!!! Disisakan 7000 saja buat saya.

Polisi : Oke, hati-hati mas di jalan, jangan sampai mengantuk. Ban jangan sampe bocor ya mas.

ANJROT!!! Iyalah dia ngmng begitu, duit gw ada di dia semua, sisa 7000 aja. HRRR!!

-SEKIAN-

Jangan Menyerah!

Salam..

Entah apa yang ada di benak saya ketika saya menulis judul, “Jangan Menyerah!”. Inspirasi ini ketika suatu musibah terjadi pada diri saya (lebih tepatnya pada motor saya). (Sedikit curhat saja) Entah angin apa yang menerpa saya, saya menatap pada salah satu ban motor saya. Alhasil, terjadi penampakan yang sedikit menyakitkan hati saya. Sebuah kepala sekrup (pasak /paku besi dsb yg berulir dimasukkan pd kayu, besi, dsb dng diputar, Referensi: http://kamusbahasaindonesia.org/sekrup#ixzz1sIUFtTqU) menampakkan wujudnya pada ban belakang motor saya. Dengan persaan haru saya mengambil sebuah tang jepit untuk membebaskan ban motor saya dari serangan sekrup tersebut. Otomatis pula ketika sekrup terlepas, ban belakang motor saya pun menjadi kempis.

Kejadian ini menjadikan saya menarik sebuah kesimpulan yang dihubungkan dengan kehidupan kita sehari-hari. Menurut saya, sekrup merupakan sebuah benda tumpul yang tidak memiliki kemampuan dalam menusuk suatu media dibanding dengan paku atau benda lain yang lebih runcing. Tetapi, fenomena ini berbanding terbalik dengan apa yang telah saya pikirkan sebelumnya. Mungkin terdapat beberapa faktor yang menyebabkan sekrup ini bisa menusuk ban motor. Pertama, kondisi karet ban yang kualitasnya telah memburuk atau kondisi tekanan angin pada ban yang kurang sehingga sekrup mampu menembus hingga ke ban dalam.

Hal positif yang bisa saya ambil dari kejadian ini bahwa dalam kehidupan kita, mungkin kita pernah beranggapan bahwa kita merasa tidak mampu dalam mencapai misi kita. Kita merasa kurang kemampuan dalam mencapai misi tersebut. Kita bisa menatap sebongkah sekrup tumpul pada kasus ini. Meskipun sekrup tumpul, tapi dapat menembus sebuah ban yang terbuat dari karet dan menimbulkan lubang pada ban. Sekrup mampu mengambil kesempatan yang tidak sia-sia. Sekrup ini menunggu ban-ban yang lemah agar dapat menemukan ban yang dapat ditembusnya. Jika kondisi kualitas ban yang sedang baik, sekrup ini akan terpental (tidak menusuk ban). Begitu juga kita, jika kita merasa masih belum mampu untuk mencapai misi kita. Hadapilah dengan sabar disertai persiapan-persiapan yang matang dalam mencapai tujuan kita tersebut. Jika kegagalan  menimpa, janganlah berputus asa, evaluasi diri kita dan cari dimana letak kekurangan kita perbaiki untuk kesempatan yang berikutnya.

Terima kasih.