Pengujian dan Evaluasi


Hasil keluaran (output) dari pengujian sistem ini berupa penandaan (highlight) pada bagian-bagian yang tidak sesuai dengan format skripsi serta pemberian komentar pada bagian yang ditandai tersebut. Aplikasi ini hanya memberikan peringatan pada dokumen jika terdapat ketidak-sesuaian input dokumen terhadap format aturan yang ada.

Pengujian dilakukan dengan menggunakan tiga buah skripsi (berformat *.doc atau *.docx) mahasiswa Departemen Ilmu Komputer jenjang Sarjana. Skripsi yang digunakan merupakan skripsi koreksian akhir dosen. Pengujian menggunakan tiga skripsi ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keakuratan sistem terhadap skripsi yang telah diperiksa secara manual.Hasil evaluasi terhadap tiga buah skripsi mahasiswa,  masih menghasilkan keluaran peringatan kesalahan format seperti pada Lampiran 7. Kesalahan yang terjadi yaitu:

  • Jenis tulisan, kesalahan pada jenis tulisan meliputi kesalahan jenis tulisan dan ukuran tulisan. Kesalahan jenis tulisan banyak terjadi pada penggunaan simbol-simbol matematika seperti β, α, γ dan lainnya. Kesalahan ukuran tulisan terjadi karena ketidak-sesuaian antara input dengan format skripsi pada sistem.
  • Bahasa asing, kata asing yang tidak dicetak miring merupakan kata asing yang digunakan pada sebuah variabel dan berada pada awal kalimat. Contohnya adalah variabel Field_Spect. Karena kata ‘Field’ digunakan dalam variabel, maka tidak dicetak miring. Kesalahan penulisan pada pengujian terjadi pada penggunaan nama variabel yang menggunakan bahasa asing, tetapi nama variabel tersebut tidak menggunakan huruf kapital pada karakter pertamanya.
  • Spasial, peringatan pada spasial meliputi posisi keterangan gambar atau tabel dan jarak antar paragraf. Peringatan posisi gambar disebabkan karena adanya perbedaan Align yang secara tampilan tidak terlihat, misalnya pada dokumen merupakan rata kiri sedangkan pada pengaturan adalah rata kiri dan kanan. Sedangkan spasi antar paragraf banyak terjadi pada spasi kosong pada lembar sampul, lembar judul dan lembar lainnya yang terdapat spasi kosong.
  • Format daftar pustaka, kesalahan penulisan daftar pustaka seperti adanya tanda titik pada nama pengarang, kesalahan penulisan pustaka yang sumbernya dari media internet.

Waktu yang dibutuhkan dalam memeriksa dokumen bergantung pada jumlah halaman dan jumlah peringatan kesalahan dalam dokumen. Karena dasar dari sistem ini merupakan pemeriksaan yang berdasarkan halaman dan section, maka akan semakin banyak halaman akan memperlama waktu pemeriksaan. Semakin banyak jumlah peringatan yang menyebabkan penambahan comments pada dokumen, semakin banyak pula waktu yang dibutuhkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s